Gambar terkait

JENIS JENIS TIMAH PANCING

 Fungsi dari timah pemberat pancing adalah suatu piranti atau alat yang digunakan untuk menarik kail berisi umpan yang anda pakai ke kedalaman yang anda inginkan. Pada umumnya pemberat pancing terbuat dari timah yang dicetak khusus ke dalam berbagai bentuk tertentu. Apakah semua pemberat pancing terbuat dari timah? Pastinya ada, karena masalah lingkungan dan kesehatan yang terkait dengan timbal, pemberat pancing juga diproduksi dari bahan padat lainnya. Sama halnya dengan kail, pemberat pancing adalah salah satu perlengkapan penting jika digunakan dengan benar dan tepat akan dapat menyajikan umpan dengan cara yang jauh lebih efektif dan tentu saja, potensi sambaran terhadap umpan anda akan semakin besar.


Berbagai bentuk dan jenis timah pemberat pancing biasanya disesuaikan dengan fungsinya, terutama berkaitan dengan jenis dasar perairan lokasi spot mancing anda. Apakah kondisi dasar perairan yang berlumpur, berbatu, banyak tanaman di dalamnya dan sebagainya. Untuk itu, memilih bentuk dan ukuran timah pemberat pancing sangat diperlukan dan dilakukan dengan cermat agar umpan yang terkirim ke spot bisa maksimal, terlihat oleh ikan, tidak tersangkut sesuatu di dasar perairan sehingga peluang mendapatkan strike semakin besar.


Berikut beberapa bentuk dan jenis timah pemberat pancing serta fungsi dan sesuai dengan dasar perairan spot memancing anda.


1. Timah Pemberat Berbentuk Piramid; Sesuai namanya, timah pemberat pancing ini memiliki bentuk menyerupai piramid (Lihat pada gambar huruf "d"), keunggulan bentuk ini adalah bisa meluncur sangat cepat di dalam air. Ujungnya yang runcing memungkinkan timah ini menancap dengan baik di dasar perairan yang berlumpur atau berpasir sehingga menjaga posisi kail berisi umpan untuk tetap di tempat atau tidak bergerak. Timah pemberat jenis ini cocok untuk anda gunakan memancing di laut atau sungai yang dalam yang mana substrat dasar perairannya lumpur atau pasir. Timah ini memiliki ring di ujung yang biasanya terbuat dari kuningan. Ring ini berfungsi untuk tempat mengikatkan pemberat dengan senar leaders dan bentuk timah piramid ini cocok digunakan untuk memancing dasaran dengan timah berada di ujung rangkaian.

Comments

Popular posts from this blog