CARA MERAWAT JORAN
Merawat Joran
1. Bersihkan selalu stick pancing (joran)
setelah anda pakai memancing di laut, pinggir pantai, kolam, waduk,
sungai ataupun dimana saja dengan cara menggunakan lap basah atau bisa
menggunakan kain halus yang telah dibasahkan menggunakan air sabun cuci
lemak. Fungsinya untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel
seperti lumpur, pasir atau sisa umpan yang menempel serta zat-zat yang
dapat merusak fiber, carbon, gravitte stick dan bersihkan juga
bagian-bagian logam yang mudah berkarat dengan autosol atau cairan
pembersih logam. Kemudian keringkan dengan lap kering setelah kita cuci
bersih dengan air tawar dan keringkan dengan cara digantung agar
bagian-bagian yang tidak dapat di lap kain dapat kering sempurna.
2. Bersihkan hand grip stick yang biasanya terbuat dari spon busa
dengan menggunakan sikat halus yang sudah dibasahi dengan sabun cuci
lemak. Fungsinya untuk membersihkan kotoran-kotoran lemak atau lainnya
agar selalu steril ketika akan kita pakai lagi, sebab jika tidak
dibersihkan dapat menjadi tempat kuman seperti kutu air yang membuat
tangan kita gatal-gatal.
Merawat Reel
Siapkan alat - alat sebagai berikut :
1. Air Hangat (Untuk mencuci bagian luar reel)
2. Handuk atau kain ( untuk mengeringkan sisa air cucian reel)
3. Reel Lubricantion (grease dan oli, untuk grease saya biasa pakai Relix reel lube kalau oli pakai oli mesin jahit aja)
4. WD40 bila diperlukan
5. Obeng
1. Air Hangat (Untuk mencuci bagian luar reel)
2. Handuk atau kain ( untuk mengeringkan sisa air cucian reel)
3. Reel Lubricantion (grease dan oli, untuk grease saya biasa pakai Relix reel lube kalau oli pakai oli mesin jahit aja)
4. WD40 bila diperlukan
5. Obeng
Adapun cara-caranya yaitu :
1. Basahi aja dengan menyapu bagian luar reel dengan air hangat, jangan dicelupkan. Setelah itu keringkan dengan handuk atau kain sampai kering.
1. Basahi aja dengan menyapu bagian luar reel dengan air hangat, jangan dicelupkan. Setelah itu keringkan dengan handuk atau kain sampai kering.
2. Jangan melepas spool dan merendamnya di air, karena air akan masuk ke mekanisme drag dan akan membuat drag jalan abnormal. . waktu mencuci reel justru kencangkan drag agar air tidak masuk ke mekanisme drag. Drag di reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya real washer cuma 2-3 biji dan semua washernya mesti bener2 kering dari apapun. kalo metal washernya lebih dari 3 biasanya pake drag basah, artinya ada oli di washer2nya. nah ini ga boleh salah kaprah... drag kering dikasih oli akan jadi mlorot ga bisa ngerem dragnya, drag basah ga dikasih oli, drag akan mengunci kalo dikerasin dikit aja. nah.. drag2 ini kalo kena air jadi ga karuan jalannya. kalo mau tau ya dicoba aja sendiri.
3. Lubrikasi reel, ada 2 jenis
lubricant yaitu grease sama oil, grease itu fat, kental kaya mentega,
oil ya oli... bentuknya cair. Bagian2 mana dari reel yang pake oil dan
mana yang pake grease? Semua bearing pake oil bukan grease, semua gear
pake grease bukan oil. Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing
jangan sekali2 dikasih grease apalagi berlebihan, roller bearing di
tahan oleh per yang kecil2 sekali, kira2 1/5 dari diameter per ballpoint
dengan kelenturan yang tinggi, kalo per2 ini kena grease, suka macet
dan bikin rollernya ga mau main, alhasil oneway roller suka ga bekerja
dan reel bisa terputar balik.. Jangan kasih grease terlalu banyak di
area pinion gear ato gigi nanas, bukannya reel jadi lancar malah jadi
seret ga karuan. Kasih grease secukupnya saja... Kasih perhatian sama
line roller, itu mekanisme penggulung kenur di bail arm, suka orang lupa
kalo disitu ada bearingnya juga.
4. Setiap beberapa kali trip,
selalu buka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih
dahulu, bagian ini sering terkumpul garam, walaupun reel selalu dicuci
waktu habis mancing.
5. Tips untuk overhaul reel, bongkar semua
bagian reel tanpa terkecuali. Ingat2 posisi semua part dengan
mencatatnya atau letakkan di wadah2 plastik untuk masing2 bagian. Jangan
lupa posisinya nanti ga bisa balikin lagi repot jadinya. Biasanya dalam
box reel ada exploded diagram (gambar bagian2 parts dari reel berikut
nomer serinya), gunakan diagram ini. Cuci semua bagian reel dengan WD40,
pake kuas kecil untuk bagian2 yang sulit. Hilangkan semua bekas2 grease
yang biasanya sudah berwarna coklat dan hitam. Kalao semua sudah
bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang baru... reel anda
pasti jauh lebih halus suaranya.... dijamin!
6. Di stella, kalo
rotornya dibuka, ada karet lingkaran warna crem bentuknya seperti seal,
ini sebetulnya bukan seal, tapi berfungsi untuk menahan rotor waktu bail
arm dibuka, coba rasakan, kalo bail arm dibuka rotor pasti jadi seret
jalannya, karena ada semacam kait yang akan menempel di lingkaran karet
seperti seal ini. Karet ini jangan dicuci pake WD40, bisa melar ga
karuan...
7. Untuk ultegra keatas sampe dengan stella, jangan
membuka worm shaft dengan membuka penahannya yang berada di belakang
reel... mekanisme ini bisa dicuci bersih pake WD40 dan kuas tanpa harus
dibongkar... kalo anda bongkar worm shaftnya... anda akan kesulitan
memasangnya kembali... this is really pain in the ass... menyebalkan.
8. Kalo anda ga brani bongkar2 reel sendiri, bawa aja ke dealer ato
tukang servis . Yang jelas reel mau mahal kaya apa tetep aja harus di
overhaul sekali waktu untuk memberi lubricant yang baru, Mobil aja tiap
2000-3000km ganti oli kan? Reel yang penampilannya mulus belum tentu
jeroannya mulus juga.
9. Kalo ga mau repot2 ngerawat alat pancing ya jangan beli alat pancing.wkwkwkwk...
Source:castingteam
Comments
Post a Comment