Hasil gambar untuk umpan ikan patin

UMPAN JITU IKAN PATIN


Hobi memancing adalah sebuh kegemaran yang disukai banyak orang. Khususnya orang-orang yang seari-harinya disibukan dengan deadline kantor. Sudah beberapa artikel saya tulis sebelumnya mengenai memancing. Lebih tepatnnya pada cara pembuatan umpan ikan mas, nila dan lele. Sekarang, saya akan menulis lanjutan untuk berbagi resep umpan ikan patin disegala kondisi.
Pastinya ada diantara anda yang mencari-cari sebuah informasi yang tepat terkain umpan patin ini. Resep yang saya berikan insyaallah jitu dan mantap. Silahkan simak dengan baik-baik.

Pengenalan Ikan Patin

Ikan patin termasuk kedalam famili Pangasiidae. Yaitu kelompok ikan yang mempunyai kumis atau biasa di beri nama catfish. Kerabat dari ikan ini bermacam-macam contohnya seperti ikan lele. Maka dari itu dari segi habitat dan kebiasaannya juga mendekati dengan tingkahlaku lele.

Habitat Patin

Ikan berkumis ini lebih menyukai bersembunyi di ilang tepian sungai. Patin juga termasuk kedalam hewan yang nokturnal atau yang aktif pada malam hari. Sama halnya dengan ikan lele yang sebelumnya sudah dijelaskan. Terbukti dari bentuk mulut ikan patinnya menandakan bahwa hean ini aktif pada malam hari.
Ikan patin menukai perairan yang mempunyai salinitas 5 ppt. Biasanya danau, sungai, waduk dan muara-muara menjadi habitat dari ikan ini.
Kebiasaan ikan patin sering muncul beberapa saat ke permukaan air untuk mendapatkan oksigen. Hewan ini tergolong kedalam ikan yang tidak terlalu rumit. Artinya perairan yang menjadi habitatnya itu bisa ekstrim atau mempunyai oksigen terlarut yang kecil.

Makanan Patin

Source: infoikan.com
Hewan ini termasuk kedalam pemakan segala atau omnivor. Namun ikan patin cenderung pemakan hewan atau daging (karnivor).

Patin biasa memansa udang kecil, moluska, rumput, tumbuhan, biji-bijian, serangga, cacing dan ikan kecil.
Dalam dunia pemancigan, biasanya patin juga menyantap umpan yang dibuat.
Pada saat juvenile, ikan patin memakan fitoplankton dan zooplankton. Seriirng bertambah dewasa dan ukuran tubuh yang semakin besar, ikan ini berubah menjadi hewan yang rakus.

Tidak heran, ukuran yang dicapai ikan patin bisa mencapai puluhan kilogram. Maka dari itu para pemancing sangat suka dalam memburunya.
Berbicara mengenai memancing ikan ini, pada bagian berikutnya akan saya bahas apa saja dan bagaimana cara membuat racikan umpan patin yang jitu.

Umpan Ikan Patin Alami

Source: Youtube
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ikan patin ini cenderung menyukai kondisi perairan yang liar. Artinya banyak tangkai, tumbuhan air dan binatang-binatang yang menjadi makanannya.
Ikan yang menjadi salah satu buruan para pemancing ini, seringkali dijadikan sebagai ajang untuk lomba atau sejenisnya.
Karena kekuatan yang diberikan pada tarikan joran sangat kuat. Maka dari itu digemari oleh banyak pemancing.
Tentunya untuk memancing patin, perlu memperhatikan jenis umpan yang diberikan. Berikut ini saya sajikan resep dan racikan umpan patin yang alami.

Ikan Kecil

Patin sangat menyukai jenis ikan-ikan kecil. Sepeti yang sudah dijelaskan sebelumny, hewan ini mendekati sifat karnivora.
Maka dari itu dengan menggunkan ikan kecil, maka aka nada kesempatan patin menyambarnya.

Umpan Katak

Jenis katak yang menjadi umpan patin adalah yang berukuran kecil. Jika terlalu besar, kemungkinan patin tidak akan menyukainya. Selain itu jenisnya harus katak sawah yang biasa kita temui di area pedesaan.

Umpan Udang

Udang juga masuk kedalam kategori umpan alami untuk patin. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurnya dengan  pelet ikan ditambah sedikit air panas. Kemudian buat adonan.

Umpan Cacing Tanah

Caing biasa anda temukan secara gratis dan Cuma-Cuma disekitaran rumah. Biasanya terdapat pada jenis tanah yang subur dan lembab.
Jenis cacing tanah kalung lebih mantap lagi, karena mempunyai ukuran yang besar. Akan lebih disukai oleh ikan patin.

Umpan Ikan Patin Liar

Source: Youtube
Sebagai jenis ikan yang terbilang liar dan sulit untuk ditaklukan. Maka dari itu racikan umpan yang harus lebih diperhatikan para pemancing.
Ikan patin terkadang tidak menyukai umpan yang sudah umum digunakan seperti cacing atau keong. Untuk itu, saya akan berbagai sebuah resep umpan ikan patin khusus untuk yang liar.
Biasanya para pemancing menggunakan racikan ini pada spot di danau dan sungai. Karena hal tersebut akan sangat menantang dan sulit mendapatkan strike. Berikut ini ulasannya.

Umpan Tepung Udang

Bahan yang harus anda siapkan diantaranya :
  • Tepung pelet
  • Telur 2 butir
  • Pelet PF 1000
  • Tepung udang
Cara membuatnya cuup mudah yaitu rebus terlebih dahulu telur tadi. Kemudian kupas kulitnya dan masukan kedalam wadah.
Campurkna semua bahan diatas, aduk sampai merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Selesai, umpan siap unutk digunakan.

Umpan Tambahan Susu Keju

Siapkan bahan dibawha ini:
  • Roti tawar (4 lembar)
  • Fermipan (1 bks)
  • Daun serai (2 helai)
  • Keju kraff kecil (1 lembar)
  • Susu sachet (1 bks)
Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan merajang kecil daun serai kemudian blender. Blender semua bahan juga kecuali roti dan ferminapan.
Kemudian masukan kedalam wadah dan berikan fermipan. Biarkan selama 5 sampai 1 minggu.
Setelahnya, tambahkan roti tawar jika akan menggunakannya.  Bentuk adonan sesuai ukuran.

Umpan Tempe Dan Kelapa

Siapkan baha-bahan dibawah ini :
  • Essen rasa pisang jawara
  • Satu buti kelapa (kelapa yang sudah tua)
  • Dua papan tempe (tempe baru)
Car meraciknya adalah dengan memarut kelapa tadi dan peras. Ambil santannya saja. Tambahkan air bersih.
Kemudian blender tempe dan aduk sampai rata. Lalau tuangkan kedalam wadah dan tutup rapat. Biarkan selama 3 hari agar terfermentasi. Tambahkan essen jika akan digunakan.
Itulah beberapa resep umpan ikan patin liar yang bisa saya tulis. Semoga dapat bermafaat.

Umpan Ikan Patin Kolam Harian

Source: spotmancing.com
Baagi sebagian pemancing, biasanya ikan patin dijadikan sebagai objek untuk lomba. Contohnya seperti kemerdekaan, tahun baru atau rekreasi yang disengaja.
Tempat yang dijadikan spot memancing ikan patin seperti pada umumnya yaitu di kolam. Maka dari itu perlu adanya trik dan resep dalam membuat umpan ikan patin.
Dengan membuat umpan ikan patin jitu khusus kolam, hasil yang didapatkan akan maksimal. Berikut ini saya akan berikan resep umpan ikan patin untuk dikolam.

Racikan 1

Siapkan bhan-bahan dibawah ini :
  • Air panas
  • Kroto (1/2 ons)
  • Telur bebek (4 butir)
  • Tepung aci (1 sdm)
  • Susu bubuk (1 bungkus)
  • Kinoy (4 buah)
Cara pembuatannya yaitu dngan mencampurkan air, tepung acid an susu kedalam wadah dan ratakan sampai mengental. Kemudian tambahkan kroto dan kuning telur.
Lalu aduk sampai rata dan diamkan selama 30 menit, untuk selanjutnya dikukus.
Anda bisa menggunakan essen agar aromanya lebih mantap lagi. Jika akan memancing, tambahkan kroto yang tadi disiapkan.

Racikan 2

Siapkan bahan-bahan dibawah ini :
  • Tepung udang yang halus
  • Tepugn pelet
  • Pelet PF 1000 (1 ons)
  • Telur bebek yang diambil kuningnya (2 butir)
Cara membuatnya dengan  menaruh semua bahan kedalam wadah. Tambahkan sedikit air kemudian aduk sampai merata.
Masukan semua bahan diatas tadi yang sudah diuleni kedalam plastik. Bentuk adonan umpan ikan patin tadi kedalam ukuran yang pas untuk mata pancing.

Umpan Ikan Patin Liar Di Danau

Memancing di danau merupakan tempat yang paling seru untuk dijadikan spot yang pas.
Bagi anda yang ingin memancing di temat ini, perhatikan juga umpan yang akan diberikan. Berikut ini saya akan bagikan racikan umpan ikan paatin yang cocok untuk di danau.

Cacing

Gunakan jenis cacing tanah yang bisa anda dapatkan di skitaran rumah. Jika bisa pilih yang masih utuh dan mempunyai ukuran yang besar dan panjang.
Teknik mengaitkan pada mata pancingnya yaitu dengan menusukannya dari bagian tengah. Supaya nantinya cacing akan tetap bergerak-gerak.

Umpan campuran

Siapkan bahan dibawah ini :
  • Tepung udang
  • Ikan sarden
  • Kuning telur satu butir
  • Pelet PF 1000
  • Tepung ikan
Campurkan semua bahan diatas kedalam wadah, berikan air hangat secukupnya sapai adonan mengental.
Diamkan beberapa saat. Bentuk seseui ukuran mata pancing yang akan digunakan.

Umpan Hewan Kecil Lainnya

Untuk mencari umpan ikan patin yang jitu di spot danau. Anda bisa menggunakan hewan atau binatang kecil dibawah ini.
  • Laron
  • Kroto + Pelet PF 1000
  • Ulat daun
  • Belalang
Cara penggunaannya cukup simpel, sama seperti menggunakan umpan cacing tadi.
Mengapa ikan patin suka degan umpan ini? Karena sifatnya yang karnivor mirip dengan ikan lele, maka secara alamiah patin akan menyukainya.

Umpan Ikan Patin Sederhana

Source: Youtube
Kebanyakan para pemancing hanya mencoba-coba dalam membuat umpan ikan patin sendiri. Mungkin karena soal ketersediaan dan modal yang mempengaruhinya.
Tenag saja, kali ini saya akan berbagi sebuah resep racikan umpan ikan patin yang sederhana, murah dan pastinya gampang untuk menemukan bahannya. Berikut ini adalah ulasannya.
Persiapan Bahan 
  • Tepung roti
  • Cacing tanah (1/4 ons)
  • Santan (300 ml)
  • Air panas secukupnya
  • Terasi (1 sdt
  • Pelet (1/2 kg)
  • Roti tawar (3 lembar)
  • Telur bebek (1 butir)
Cara Membuatnya
Campurkan semua bahan diatas didalam wadah. Aduk perlahan dan berikan air panas sedikit demi sedikit. Usahakan untuk membuat adonan tersebut tidak kenyal dan kental.
Masukan adonan tersebut kedalam plastik. Kemudian bentuklah bulat kecil yang memanjang. Diamkan supaya memadat.

Umpan ikan patin sudah bisa digunakan. Simpanlah sisi adonan tersebut pada kulkas supaya tidak basi.

Silahkan, anda bisa mencobanya dirumah dengan beberapa bahan yang mudah didapatkan. Semoga dapat membantu.
Dari semua jenis-jenis umpan diatas, yang paling bagus sebaiknya anda gunakan umpan hewani. Karena apa? Selain dari pengalaman, ikan patin lebih condong kepada sifat yang karnivora. Maka dari itu saya merekomendasikan umpan hewani ini.
Namun tidak menutup kemungkinan, anda juga bisa mencoba jenis resep selain yang tadi.
Demikianlah uraian semua tulisan yang membahas umpan ikan patin ini saya buat. Semoga dapat bermanfaat bagi anda, silahkan pilih resep yang pas dan segera buat dirumah. Sekian dan terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog